Share Internet Dengan Menggunakan Mikrotik

1. Download terlebih dahulu winbox, kemudian sambungkan switch ke port yang akan di digunakan sebagai port  LAN atau bisa juga langsung dari komputer ke port LAN setelah diset baru dipindah ke switch.
2. buka winbox klik di kotak yang ada tanda ... mikrotik anda akan segera terdeteksi jika tidak ada masalah, pilih mac-address mikrotik anda (jika belum ada ip-nya).
3. bagi yang pake RB biasanya ada default configuration pada RB anda, buang dulu default configuration, pilihan ini ada pada saat pertama kali anda terhubung dengan RB anda.
4. masukkan ip pada LAN port mikrotik .
Code:
 ip address add address=192.168.0.1/24 interface=lan
5. setting DHCP-SERVER, klik dibagian IP>DHCP-SERVER, trus klik bagian DHCP SETUP, paling mantep nih buat yang ngga bisa lepas dari windows, karena tinggal ikutin ajah (next-next-next-default syndrome).
6. setting ip pada bagian port internet, tinggal sesuaikan dengan ISP anda (setting untuk PPPoE-Client berbeda jadi kalau pake PPPoE silahkan lihat bagian bawah lagi (akan ditambahkan belakangan)).
7. Masukkan default gateway.
Code:
ip route add gateway=(IP gateway ISP)
8. lakukan masquerading pada port yang akan dicolok ke modem,wireless, dll
Code:
 ip firewall nat add chain=src-nat action=masquerade out-interface=internet
9. colok port internet ke perangkat yang terhubung ke internet bisa modem, AP client, dll.
10. DONE, sekarang tinggal pake tuh internet jangan lupa colokin ke switch port lan-nya kl banyak user yang mau pake, kalo cuman anda sendiri ngga usah beli mikrotik mending colok tuh modem, wireless, dll ke komputer.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sekilas Mengenai Kode ASCII

Belajar Mikrotik Dengan Menggunakan Virtualbox