Tahun 2100 Seluruh Jakarta Tenggelam

VIVAnews - Pada tahun 2050 empat kecamatan di Jakarta Utara diprediksikan akan tenggelam. Hal ini dapat terjadi apabila pemerintah tidak mengantisipasi pembangunan di Ibukota.

Guru Besar Oseanografi Institut Teknologi Bandung (ITB), Prof Safwan Hadi mengatakan, setiap tahunnya tanah di DKI Jakarta turun hingga 12 sentimeter akibat pengambilan air tanah dan beban bangunan.

Empat wilayah yang akan tenggelam pada tahun 2050, adalah Kecamatan Penjaringan, Pademangan, Tajung Priok, dan Cilincing. Bisa tenggelam hingga mencapai ketinggian setengah meter.

"Kondisi tanah di Jakarta memang rendah sekali. Sedikit saja air laut pasang langsung menggenangi daratan," ujar Safwan dalam diskusi Ikatan Sarjanan Oseanologi  Indonesia (ISOI) di Kantor Menko Kesra, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Jumat 24 September 2010.

Safwan menambahkan, akibat ketidaktegasan pemerintah dalam hal pembatasan pembangunan dan pengambilan air tanah di beberapa daerah di Ibukota yang dekat dengan laut membuat kota ini tenggelam. "Pemanasan global saja belum, apalagi badai dan pasang surut," ujarnya lagi.

Menurut Safwan, dari penelitiaan ISOI, diperoleh sebuah hasil yang menyatakan pada tahun 2100, seluruh wilayah di Ibukota akan terendam air laut hingga ketinggian sampai 50 sentimeter.

"Antisipasinya harus dibuat tanggul untuk mencegah air laut masuk. Seperti yang ada di Belanda. Indonesia masih perlu belajar dari Belanda," kata dia. (Laporan: Dwifantya Aquina)



Sumber : VIVAnews.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sekilas Mengenai Kode ASCII

Belajar Mikrotik Dengan Menggunakan Virtualbox

Share Internet Dengan Menggunakan Mikrotik